Jumat, 04 Januari 2008

Aplikasi Open Source

Software open source adalah software yang menyertakan kode sumbrnya (code source) dalam pendestribusiannya kepada umum, sehingga setiap orang bebas memodifikasi software tersebut dan menyebarluaskan kembali hasil modifikasinya baik secara gratis maupun komersia namun harus tetap menyertakan soure code yang telah di modifikasi tadi.
Perbedaan antara open source dan free software ialah open source dapat berupa software yang berlisensi ata bebas sama sekali dengan tetap menyebarluaskan kode smbernya. Sedangkan free software berupa software bebas biaya distribusi baik untuk open source ataupun free software dapat dikenakan ataupun tidak.
Tentang Aplikasi Open Source :
1. Aplikasi open source menghilangkan tentang hak cipta.
Banyak sekali aplikasi open source yang digunakan oleh berbagai perusahaan dalam perangkat lunak aplikasi perkantoran, misal saja sistem operasi buatan microsoft cord tanpa disadari merupakan pelanggaran hukum dan pelanggaran hak cipta sebab open source yang tidak berlisensi akan banyak merugikan berbagai perusahaan besar.
2. Aplikasi open source adalah pilihan bijak bagi user miskin.
Open source memang banyak diminati oleh banyak orang karna sifatnya bebas dan tetap menyertakan kode sumbernya. Selain itu penggunaan perangkat lunak software legal akan lebih dapat dijangkau oleh masyarakat karena merupakan pilihan yang rasional dari sisi ekonomisnya maupun tingkat keamananya.
3. Aplikasi open source mempercepat penyempurnaan aplikasi.
Pada dasarnya pengembangan dan pemamfaatan perangkat lunak lengan berbasis open source akan lebih mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan TI. Dengan metode seperti ini software open source yang bersitifikat dapat berkembang dengan cepat karena setiap orang di belahan dunia ini dapat mengembangkannya sesuai dengan keinginan dan kreativitasnya. Dengan demikian dibutuhkan kesadaran masyarakat yang kuat untuk mendukung TI yang akan semakin tren saja.

Tidak ada komentar: